Pengalaman install Ubuntu 8.10

Kemarin merupakan hari yang cukup melelahkan. Bermula dari si Lookj yang dapet InfoLinux 4 edisi lengkap dengan distro - distro terbaru. Sebelumnya Bli Gede pernah install linux dengan distro mandriva dan terakhir openSuse 10.4, tapi karena lupa passwordnya jadi ga pernah di dipake lagi, dan khirnya beberapa minggu yang lalu, partisi buat linux diambli sebagian buat nambah partisi windows (hehehehe....).


Nah, kembali ke cerita awal saat si Lookj dapet majalah InfoLinux 4 edisi. Saat itu bli minjem majalah yang ngebahas distro Ubuntu dan BlankOn. Bli sangat tertarik ama salah satu distro linux tersebut, yaitu Ubuntu karena sekarang ini banyak benget linuxer yang menggunakan distro tersebut(jadi penasaran nyoba). Berhubung partisi linux yang dulu masih ada, jadi tanpa pikir panjang, bli langsung install tuh distro di laptop HP bli. Instalasinya berjalan lancar dan cukup mudah karena udah ada petunjuk dari majalah dan sedikit pengalaman dulu menginstall linux. Sayang, DVD yang diinstall kurang baik sehingga habis install, DVDnya langsung lecet di bagian pinggir - pinggirnya.

Nah, habis nginstall dan ngoprek - ngoprek dikit, kemudian bli baru inget mengganti boot loader ubuntu yang default dengan boot magic yang biasa bli pake buat dual OS. Untuk itu bli mesti masuk dulu ke windows. Tetapi apa yang terjadi....?, ketika masuk windows melalui Grub Ubuntu, bli gagal masuk ke windows. Sempet bingung beberapa saat, namun akhirnya bli inget klo punya CD pusaka buat masuk DOS dan berharap ada program konfigurasi boot magic yang under DOS. Setelah masuk DOS dan masuk ke folder tempat program boot magic, bli meng-explore file - file didalamnya, dan ketemu jua file yang dicari. Ketika mau mengaktifkan boot magic timbul masalah baru, Linux Ubuntu yang telah diinstall tidak dibaca oleh boot magic. Setelah pikir panjang diketahui hal ini terjadi karena ketika nginstall ubuntu bli lupa membuat salinan boot loadernya di partisi root.

Karena terjadi masalah tersebut, akhirnya bli hanya bisa memakai windows, sedangkan ubuntu yang terinstall ga bisa kepake. Tapi karena masih semangat dan penasaran, bli install lagi tuh ubuntu sampai beberapa kali sampe disknya rusak ga bisa dipake. Karena DVDnya dah rusak, jadi experiment dihentikan, dan digantikan dengan menginstall openSuse 11.1. keesokan harinya. Linux emang buat kecanduan... Tak terasa udah berjam - jam di depan laptop buat ngoprek - ngoprek linux, ampe lupa ma tugas - tugas n kegiatan - kegiatan di hari minggu....

0 comments: